Apakah Anda seorang guru atau calon guru yang ingin meningkatkan kemampuan menilai proses dan hasil belajar siswa dengan metode yang lebih akurat dan relevan?
Apakah Anda merasa kesulitan memilih instrumen penilaian yang sesuai untuk menilai keterampilan dan kompetensi siswa?
Buku Penilaian Autentik: Konsep dan Implementasi di Sekolah karya Prof. Dr. S. Eko Putro Widoyoko, M.Pd., dan Dr. Budi Setiawan, M.Si., adalah panduan lengkap untuk memahami dan menerapkan penilaian autentik di kelas.
Buku ini tidak hanya menjelaskan konsep dasar penilaian, tetapi juga memberikan panduan langkah demi langkah untuk menilai ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa, termasuk keterampilan konkrit dan abstrak.
Dengan pembahasan tentang penilaian kinerja, projek, produk, dan tes untuk level HOTS (Higher Order Thinking Skills), buku ini menjadi solusi komprehensif bagi Anda yang ingin meningkatkan kualitas pengajaran dan pengambilan keputusan berbasis data yang valid.
Bayangkan jika Anda bisa:
Menyusun instrumen penilaian yang tepat sesuai kompetensi siswa.
Meningkatkan kualitas penilaian ranah keterampilan yang jarang dibahas secara mendalam.
Mengimplementasikan teknik penilaian autentik di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga SMK.
Mengembangkan rubrik penilaian yang efektif untuk penilaian kinerja, projek, dan produk siswa.
Buku ini membantu Anda tidak hanya memahami teori, tetapi juga menerapkannya secara praktis untuk mendukung keberhasilan pembelajaran siswa.
Ditulis oleh para ahli di bidang pendidikan, Prof. Dr. S. Eko Putro Widoyoko, M.Pd., dan Dr. Budi Setiawan, M.Si., buku ini didasarkan pada pengalaman dan penelitian mendalam.
Ini adalah referensi terpercaya yang dirancang untuk membantu guru dan calon guru menjadi lebih kompeten dalam menilai pembelajaran siswa.
Jangan biarkan penilaian siswa Anda menjadi hambatan dalam proses pembelajaran!